Cara menghapus Background Vidio / Green Screen

Cara menghapus Background video, cara menghapus green screen di Android.


Mungkin Anda sering melihat streamer gaming, seperti Jess no Limit misalnya, para streamer gaming biasanya selalu menambahkan faceCamera pada saat melakukan streaming. FaceCamera biasanya berada dipojok bawah pada tampilan video mereka dan tidak jarang backgroundnya terlihat transparan, hanya terlihat kursi dan streamernya pada video FaceCameranya.


Untuk menghasilkan gambar video seperti itu biasanya mereka menggunakan fitur Chroma Key, dimana gambar latar belakang atau backgroundnya dihilangkan. Untuk itu, biasanya mereka menggunakan kain hijau sebagai backgroundnya, bahkan mungkin mereka melapisi temboknya dengan cat hijau langsung seperti ruang studio Jess no Limit. Hal ini untuk mempermudah aplikasi untuk menyaring warna yang akan dihilangkan.

Tutorial juga tersedia di YouTube:

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara  menghilangkan background video dengan aplikasi KineMaster. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:


Install aplikasi KineMaster

Silahkan download aplikasi KineMaster [disini]

Buka aplikasi KineMaster

Setelah aplikasi terinstall, silakan buka KineMaster dan berikan izin akses untuk membaca data file media dan ikuti langkah berikut:
  • Klik New Project
  • Pilih Skala resolusi, misal: 16:9
  • Pada jendela pengeditan klik Media, pilih video utama yang akan diedit, misalnya video game.
  • Klik Lapisan, pilih Media, kemudian cari video yang akan dijadikan faceCamera

  • Setelah gambar faceCamera muncul, pada menu sebelah kiri geser ke bawah lalu klik Kunci Kroma (Chroma key)





  • Klik Aktifkan


  • Atur posisi faceCamera, misalnya di posisi pojok bawah sebelah kanan. Jika sudah selesai klik Bagikan, pilih resolusi dan laju bingkai, kemudian klik Export.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.