Cara menonaktifkan Koneksi Internet pada Aplikasi tertentu

Cara bermain game offline tanpa iklan maupun memblokir koneksi internet pada aplikasi tertentu

Pada kemajuan teknologi saat ini, koneksi internet hampir jadi kebutuhan pokok untuk menjalani aktivitas sehari-hari, mulai dari berselancar internet, bersosial media, bermain game, menonton streaming, bahkan aktivitas belanja dan jual beli yang semakin dimudahkan dalam dunia yang serba online. Tanpa perlu keluar rumah pesanan bisa datang sendiri.

Tutorial juga tersedia di YouTube:


Tapi untuk menikmati semua kemudahan dan kesenangan itu dibutuhkan satu hal yang harus wajib Anda miliki, yaitu kuota internet. Ya, secanggih dan semahal apapun gadget Anda, tanpa hal yang satu ini rasanya semua itu terasa hambar di genggaman Anda.

Mungkin Anda pernah merasa ada banyak aplikasi yang terlalu banyak menyedot kuota internet Anda, sehingga tidak nyaman dengan aplikasi tersebut. Hal baiknya adalah bahwa hal itu bisa Anda dapatkan solusinya, apakah pernah menginginkan hal-hal dibawah ini:


1. Memblokir koneksi internet pada aplikasi tertentu. Mungkin hal ini terlihat sepele bagi Anda, tapi ada saatnya hal ini diperlukan, seperti: ingin menonaktifkan koneksi internet aplikasi Messenger maupun WhatsApp untuk sementara;
2. Bermain game offline bebas iklan. Ada beberapa game offline yang mengandung konten iklan. Hal ini bukanlah masalah sepele, karena kebanyakan iklan pada game offline merupakan iklan yang berbentuk video dimana konten tersebut diunduh secara otomatis tanpa disadari yang membutuhkan kuota cukup banyak;
3. Menonaktifkan koneksi internet tapi masih bisa mendapatkan pemberitahuan. Terdengar aneh? Ya, memang ini yang secara tidak langsung kita inginkan, di mana saat bermain game offline kita perlu menonaktifkan koneksi internet agar tidak mengunduh konten Iklan, tetapi kita tidak akan menerima pemberitahuan aplikasi sosial media ataupun aplikasi lainnya.

Dengan aplikasi Grid Data Manager | Data control, semua masalah dan keinginan Anda dapat Anda rasakan. Penggunaan cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi Grid Data Manager | Data Control.
  2. Buka dan aktifkan Data Control.


  3. Pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan koneksi internetnya, koneksi wifi maupun data seluler. Jika logo wifi dan data seluler berwarna merah, artinya koneksi internet terblokir. 


  4. Pilih aplikasi yang akan diaktifkan koneksi internetnya, jika logo wifi atau data seluler berwarna biru artinya koneksi internet aktif  (tidak terblokir).


  5. Buka aplikasi yang sudah Anda atur koneksi internetnya. Di sini saya menggunakan layar split untuk membuka aplikasi WhatsApp yang internetnya aktif dan WhatsApp Business yang koneksi internetnya terblokir,



    kita bisa melihat jendela obrolan WhatsApp statusnya ceklis, sementara WhatsApp Business statusnya pending.

Jika Anda ingin memainkan game online bebas tanpa terganggu konten iklan silahkan matikan atau blokir koneksi internet game tersebut menggunakan aplikasi ini.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.