Menggunakan Suica / PASMO Lewat Smartphone

Apa itu Osaifuketai atau Dompet Ponsel pada Smartphone yang digunakan di Jepang


Hallo Sobat Japan! Kembali lagi di Qategori untuk membahas seputar Tips Japan. Bagi Sobat yang sedang tinggal di Jepang, tentunya akan mengenal sistem pembayaran maupun tiket elektronik seperti Suica, PASMO, Nanaco, dan lainnya. Kartu Tiket Elektronik seperti Suica bisa Anda dapatkan di Stasiun; Nanaco bisa di dapatkan di 7eleven; dan kartu lainnya sesuai tempat yang terintegrasi dengan layanannya.

Membuat Suica di Smartphone

Kartu Suica dan Kartu Elektronik semacamnya, selain bisa didapatkan dari Stasiun, Terminal, maupun Kombini juga tersedia pada Smartphone. Jika Anda pengguna Android, silahkan Buka aplikasi Google Wallet, sementara untuk iOS bisa lewat Apple Pay. Di aplikasi tersebut Anda bisa menambahkan berbagai macam pembayaran seperti Suica, Nanaco, Icoca, termasuk juga Kartu Kredit.

NFC Felica (Osaifuketai)


Untuk membuat Suica di Smartphone, pastikan Smartphone Sobat sudah mendukung Osaifuketai. Osaifuketai atau Dompet ponsel merupakan fitur NFC yang digunakan di Jepang, fitur ini disebut NFC Felica. Sayangnya tidak semua Smartphone mendukung fitur ini, khususnya Android yang dipasarkan di luar Jepang. Sementara untuk pengguna iOS, fitur NFC Felica (Osaifuketai) tersedia di semua versi, termasuk yang dipasarkan di Indonesia.

iOS dan Android NFC Felica (Osaifuketai)

Setelah Sobat memahami Osaifuketai, sekarang kita pahami ciri-ciri perangkat Android yang mendukung fitur Osaifuketai. Untuk perangkat Android yang mendukung Osaifuketai biasanya memiliki logo Osaifuketai di bagian belakangnya. Untuk logonya seperti pada gambar di bawah ini,


Sementara itu, ada beberapa brand yang mendukung Osaifuketai namun tidak menyertakan logo tersebut di bagian belakang ponsel, mereka hanya memberitahukan lewat spesifikasinya di kotak kemasan dan websitenya. Seperti untuk Sony memiliki simbol Osaifuketai yang unik sendiri; Google tidak menyertakan logo Osaifuketai, namun dari website menjelaskan Google Pixel 3 dan generasi seterusnya yang dipasarkan di Jepang mendukung Osaifuketai; dan untuk Apple, semuanya sudah mendukung Osaifuketai.

Opsi Terbaik Osaifuketai



Menurut Hemat kami, melihat berita tentang berkurang pasokan chip untuk Tiket Elektronik sehingga membuat sulit mendapatkan Kartu Suica dan semacamnya, akan lebih baik Sobat menggunakan Android yang mendukung Osaifuketai. Sobat bisa mendapatkan Smartphone dengan harga murah seharga 1 yen dengan mendaftar Yahoo Mobile maupun Provider lain atau membeli Smartphone Bekas di situs Pasar Loak seperti Mercari, Rakuma, maupun Yahoo Furima.

Demikian informasi dari kami, jika masih ada yang belum jelas silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.