Pak Kurir Datang saat Di Luar Rumah? Ini Solusinya


Hallo Sobat Japan! Kembali lagi di Qategori untuk membahas seputar Tips Japan. Bagi Sobat yang sedang menjalani kehidupan di Jepang untuk jangka waktu yang lama, dapat dipastikan tidak akan lepas dengan yang namanya layanan jasa pengiriman barang. Tentunya, Sobat akan berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan petugas jasa pengiriman barang untuk berbagai keperluan seperti belanja online; menerima barang dari teman atau keluarga; maupun alasan lainnya yang membutuhkan jasa pengiriman dari Pak Kurir

Dalam situasi tertentu, adakalanya Sobat tidak bisa menemui secara langsung saat Pak Kurir datang untuk mengirim paket ke rumah. Untuk mengatasi situasi tersebut pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Tips Japan tentang bagaimana mencegah atau menangani masalah pengiriman barang di Jepang agar tetap lancar di tengah kesibukan Sobat.

Memasang Memo

Tujuan memasang Memo adalah memberi pesan atau arahan kepada Pak Kurir saat kedatangannya tidak ada seseorang di rumah. Sobat bisa menyarankan untuk menaruh barangnya di depan pintu; menghubungi Nomor Telepon Sobat "Pastikan sobat menggunakan Kartu SIM yang bisa menerima panggilan telepon, bukan Kartu SIM khusus Internet"; atau arahan lainnya. Pastikan Memo tertulis dengan jelas berisi arahan dan informasi kontak serta dipasang di tempat yang mudah dilihat. Berikut Contoh memo:


誰もいない場合は。荷物をドアの前に老いてください。
(Jika tidak ada siapa-siapa. Silakan tinggalkan barang bawaan Anda di depan pintu.)

- 名前:     
- 電話番号:


Pastikan menulis nama sesuai dengan informasi pengiriman entah menggunakan huruf romaji, katakana, maupun hiragana seperti yang digunakan pada alamat pengiriman Amazon, Ali Express, dan lainnya.

Mengatur Waktu Kedatangan Barang

Sistem Pengiriman Barang di Jepang menyediakan opsi pilihan untuk mengatur kapan Waktu Kedatangan Barang akan sampai di rumah dan hampir selalu tepat waktu. Hal ini tentunya memudahkan Sobat untuk mengatur agar kedatangan Pak Kurir tepat pada hari libur maupun di luar jam kesibukan Sobat. Biasanya kami mengatur kedatangan barang pada jam 19:00 - 21:00 atau hari minggu saat akhir pekan. Layanan Online Shop seperti Amazon, Mercari, maupun Shein bisa Anda atur pengirimannya.

Kesepakatan dengan Pengirim / Penjualan

Kesepakatan antara Pengirim dan Penerima barang Juga merupakan poin yang sangat penting, dimana Kita dapat mengatur Waktu Pengiriman dan Metode Penerimaan Barang. Jika Sobat menginginkan Pak Kurir untuk meletakkan Paket di depan pintu, pastikan itu bukan sistem COD dan ongkos pengiriman sudah lunas.

Scan Formulir Pemberitahuan Pengiriman


Seperti pada gambar di atas, itu adalah contoh formulir dan halaman website dari barcode formulir. Karena tidak semua barang kiriman bisa ditinggalkan begitu saja oleh Pak Kurir, seperti: Kartu Kredit; Kartu SIM; Pengiriman Frozen; serta barang lainnya yang mewajibkan harus bertatap muka dengan si penerima barang. Biasanya, jasa pengiriman JP Post dan Yamato selalu meninggalkan Formulir Pemberitahuan / Pengajuan Pengiriman saat kedatangannya tidak menemui seorang penerima di rumah. Silahkan Ajukan Pengiriman Ulang sesuai keinginan Sobat, seperti metode penerimaan, waktu, dan tempat melalui barcode yang tertera pada formulir.

Demikian informasi seputar Tips Jepang, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.