Pembaruan One UI 6.1 Matikan Fitur Pemberitahuan Penting

One UI 6.1

Pada dasarnya, Pembaruan One UI 6.1 akan membawa peningkatan yang signifikan pada ponsel Samsung. One UI 6.1 pertama diperkenalkan dengan kemunculan Galaxy S24 dan diperkirakan akan diluncurkan ke perangkat lama mulai bulan Februari. Namun, pembaruan ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Masalah terbaru dengan One UI 6.1 adalah tampaknya ia menonaktifkan salah satu fitur yang diperoleh Android secara default. Informasi pembaruan tidak menentukan fitur khusus ini. Pengguna harus terus mengikuti pembaruan atau perbaikan lebih lanjut yang dapat mengatasi masalah ini dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Pada kemunculan Android 8.0 Oreo, Google menghadirkan salah satu fitur untuk notifikasi, yaitu Saluran Notifikasi. Di One UI Samsung, ini disebut sebagai Kategori. Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk mengkategorikan berbagai jenis notifikasi ke dalam item terpisah, dan pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi satu per satu untuk setiap kategori. Tingkat penyesuaian ini memberi pengguna kontrol lebih besar atas cara mereka menerima dan berinteraksi dengan notifikasi di perangkat mereka.

Pengenalan Saluran atau kategori Notifikasi telah membawa perubahan besar, terutama untuk aplikasi tertentu. Misalnya, dalam game di mana Anda ingin diberi tahu tentang peristiwa tertentu, seperti permintaan pertemanan, namun bukan tentang promosi pembelian dalam aplikasi, fitur ini menjadi penyelamat. Meskipun ini adalah fitur yang mungkin tidak terlalu penting oleh beberapa pengguna, mereka mungkin merasakan dampaknya setiap hari. Setelah diatur untuk aplikasi pilihan, pengguna sering kali melupakannya, dan proses pencadangan serta pemulihan memastikan bahwa pengaturan ini diterapkan dengan lancar di seluruh perangkat. Absennya fitur ini hanya terlihat ketika teman yang menggunakan perangkat dengan versi One UI terbaru, seperti Galaxy S24.