Cara memasang Custom Domain pada Blogger dengan Mudah

Memasang Custom Domain pada Blogger

 

Bagi Anda yang menggunakan platform Blogger sebagai media untuk blogging tentunya kurang puas dengan domain yang terlalu panjang, selain susah diingat tentunya kurang praktis juga saat ingin mengunjungi blog dengan mengetikan alamat domain di address bar pada browser.

Baca juga :

Pada kesempatan ini kami akan berbagi cara memasang alamat custom domain pada Blogger. Pastikan Anda sudah memiliki alamat domain pribadi yang akan digunakan sebagai alamat custom domain pada Blogger Anda. Untuk memasang custom domain pada Blogger, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser di PC maupun Smartphone, pada kesempatan ini saya akan menggunakan Smartphone.


Agar lebih praktis, buka 2 tab pada browser untuk tab Blogger dan DNS Domain Anda.

2. Buka Blogger, pilih Pengaturan. Pada bagian Publishing, klik Custom Domain dan masukan Domain Anda . Tambahkan awalan www..
Contoh, domainkamu.com menjadi www.domainkamu.com, kemudian Klik Save.


3. Setelah muncul perintah record seperti pada gambar di atas, pergi ke tab DNS Domain Anda dan buka management DNS untuk menambahkan Record CNAME sesuai yang diberikan dari Blogger.


Pada pengaturan DNS Management ubah Record CNAME default yang berisi domainkamu.com menjadi ghs.google.com seperti gambar yang ditandai garis biru di atas. Selanjutnya Tambahkan Record CNAME baru sesuai kode dari Blogger seperti contoh gambar di atas yang di tandai garis hijau. Pastikan Type, Name, Target, TTL tidak ada yang keliru. 

4. Tambahkan 4 buah Record A dengan target:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini,



5. Setelah 2 buah Record CNAME dan 4 buah Record A selesai dibuat, kembali ke tab Blogger kemudian Klik Save sekali lagi. Jika tidak ada kendala dalam proses pemasangan Custom Domain, berarti Domain Anda berhasil terpasang.

6. Pada bagian pengalihan domain www.domainkamu.com, Klik aktifkan agar Blog Anda tidak terjadi masalah saat diakses tanpa awalan www..



Itulah langkah-langkah pemasangan Custom Domain pada Blogger. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.

Gambar : Pixabay/EstudioWebDoce