Cara mengaktifkan HTTPS Blogger dengan Custom Domain

Mengaktifkan HTTPS untuk Custom Domain


Hallo Sobat Bloggers! Kembali lagi di Qategori, pada kesempatan ini kami akan membahas lagi seputar permasalahan pemasangan Custom Domain pada Blogger, khususnya masalah mengatasi HTTPS yang tidak aktif saat kita memasang Custom Domain pada Blogger. HTTPS atau kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure adalah varian HTTP yang lebih aman dan juga menjadi protokol utama dengan kegunaan untuk mengirimkan data antara website dan web browser. Enkripsi yang dilakukan di HTTPS merupakan bagian dari data session. Untuk proses enkripsi ini memakai protokol Secure Socket Layer (SSL) atau protokol Transport Layer Security (TLS). Dengan adanya HTTPS maka akan meningkatkan Keamanan, Kredibilitas, dan Peran SEO pada suatu Website maupun Blog.

Saat kita selesai memasang Custom Domain pada Blogger,

Biasanya HTTPS tidak tersedia untuk Custom Domain yang baru terpasang, namun jangan khawatir dengan masalah tersebut. Karena Blogger membutuhkan Satu sampai Dua Hari untuk menyediakan HTTPS pada Domain Baru. Setelah HTTPS sudah tersedia, Kita tinggal mengaktifkan HTTPS dan aktifkan pengalihan HTTPS juga. Fitur ini tersedia pada Pengaturan Dasar bagian Publishing Blogger.

Apa yang harus dilakukan saat HTTPS tidak bisa diaktifkan? Seperti apa yang pernah Kami alami saat akan mengaktifkan HTTPS, dimana muncul peringatan kesalahan konfigurasi Custom Domain. Maka, Kita harus menghapus Custom Domain dan melakukan Pemasangan Custom Domain kembali. Tentunya Kita juga harus memperbarui Pengaturan DNS Management kembali untuk Record CNAME dengan Isi Format yang terbaru dari Blogger.

Demikian informasi seputar Custom Domain, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar dibawah.