Cara mengatasi Domain tidak dapat Diakses tanpa WWW

Agar Custom Domain bisa diakses Tanpa WWW.
Hallo sobat Bloggers! Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pemasangan Custom Domain pada Blogger. Bagi Anda yang menggunakan Blogger tentunya kurang puas dengan domain default yang digunakan untuk mengakses artikel-artikel yang sobat posting bukan? Namun bukan hanya itu, pasalnya masalah juga akan muncul saat domain yang sobat pasang tidak dapat diakses tanpa menggunakan awalan www., untuk itu mari kita bahas satu-persatu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pengaturan DNS Management

Saat anda memasang Custom Domain, pastikan Anda mengatur Record CNAME dengan benar. Ada dua Record CNAME yang harus diatur di DNS Management dengan isi format sesuai Blogger. Setelah dipastikan pengaturan Record CNAME sudah sesuai, tambahkan juga 4 buah Record A di DNS Management.

Aktifkan Pengalihan Domain

Setelah selesai mengaturan DNS Management, Aktifkan Pengalihan Domain pada settingan Blogger Anda. Anda bisa menemukannya pada Pengaturan Dasar di bagian Publishing. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membuka artikel dibawah ini :

Pengelolaan DNS Management

Jika poin-poin di atas sudah beres, namun Domain masih belum bisa diakses tanpa awalan www., besar kemungkinan ada yang harus diperbaiki pada pengelolaan DNS Management. Karena pengalaman Saya saat mengatasi hal ini, ternyata masalah terdapat di pengaturan Record DNS Management, dimana ada Record A yang sudah ditambahkan secara default. Untuk memecahkan masalah tersebut, Anda tinggal menghapus Record A default tersebut, dan pastikan hanya ada 4 buah Record A dengan format Target seperti berikut :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Setelah dihapus cek Domain Anda tanpa menggunakan awalan www..

Jika masih ada yang belum jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.